Nama-nama Jari dalam Bahasa Jepang

Posted on

Nama-nama Jari dalam Bahasa Jepang

Terdapat beberapa nama-nama spesifik dari masing-masing jari yang terdapat pada tangan yang kita miliki. Terdapat lima jenis jari yang ada pada tangan kita. Dan terdapat masing-masing nama yang khusus bagi masing-masing jari tersebut dalam bahasa Jepang. Yubi (ゆび| ) sendiri sebenarnya berarti jari dalam secara umum dalam bahasa Jepang.

No.

Nama Jari

Romaji

Hiragana

Kanji

1.

Jempol / Ibu Jari

Oyayubi

おやゆび

親指

2.

Jari Telunjuk

hitosashiyubi

ひとさしゆび

人差し指

3.

Jari Tengah

Nakayubi

なかゆび

中指

4.

Jari Manis

Kusuriyubi

くすりゆび

薬指

5.

Jari Kelingking

Koyubi

こゆび

小指

Ibu jari atau jempol disebut sebagai oyayubi yang memiliki arti jari orangtua. Ibu jarilah yang dianggap sebagai jari utama dari seluruh jari yang ada dan mirip dengan orangtua yang memiliki peranan utama dalam sebuah keluarga.

Hitosashiyubi adalah jari telunjuk dalambahasa Jepang. Maksudnya adalah jari tersebut adalah jari umum digunakan untuk menunjuk seseorang.Biasanya dalam hal pada umumnya, kita memang menggunakan jari telunjuk untuk menunjuk sesuatu termasuk seseorang.

Nakayubi adalah jari tengah. Arti naka yubi pun sebenarnya mirip dengan nama jari dalam bahasa jepang yang juga menggambarkan posisinya. Yaitu di tengah.

Jari manis yang biasanya di beberapa tempat digunakan untuk memasang cincin seperti cincin pernikahan disebut kusuriyubi dalam Bahasa Jepang. Kusuri memiliki arti obat dalam bahasa Jepang. Dikatakan bahwa rata-rata banyak tabib zaman dahulu kala yang menggunakan jari manis mereka untuk mengaduk obat-obatan berupa herbal, bubuk dan salep lalu menggunakannya pada pasien mereka.

Koyubi adalah nama jari kelingking dalam bahasa Jepang. Namanya mencerminkan ukuran yang kurang lebih sama dengan bahasa lain. Ko artinya kecil dalam bahasa Jepang. Sehingga jari kelingking disebut koyubi dalam bahasa Jepang.

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply