JLPT – Nihongo Nouryokushiken – 1992 – Yonkyuu – Dokkai Bunpou – Bagian 5 – Lembar Jawaban

Posted on

問題Ⅴ つぎのぶんを読んで、しつもんにこたえなさい。こたえは1234からいちばんいいものをひとつえらびなさい。

(1)わたしは かいしゃに つとめて います。かいしゃの 休みは、日よう日だけですから、()は、する ことが たくさん あります。そうじや せんたくや かいものです。そうじと せんたくは、すぐに おわります。()、かいものは、時間が かかります。たいてい あさ 11時ごろから 2時ごろまで かかります。かう ものが たくさん ある()です。はじめに、ちかくの みせに 行って、やさいや くだものなど、おもい ものを かいます。それから いちど いえに かえって、つぎに かるい ものを かいに 「カネヤ」と いう みせに いきます。「カネヤ」は、()けれども やすいのです。

Artinya : Saya bekerja di sebuah perusahaan. Hari libur kerja adalah hari Minggu tapi (hari Minggu) banyak sekali hal yang harus dikerjakan. Bersih-bersih, mencuci pakaian, belanja. Bersih-bersih dan mencuci pakaian dapat diselesaikan dengan singkat. (Namun), belanja membutuhkan waktu. Seringkali memakan waktu dari pukul 11 pagi hingga pukul 2. Karena banyak sekali yang harus dibeli. Pertama-tama, saya pergi ke took terdekat, saya membeli sayuran, buah dan barang-barang lainnya. Setelah itu saya kembali kerumah dan pergi ke sebuah took yang bernama ‘kanaya’ untuk membeli barang-barang kecil lainnya. ‘Kanaya’cukup jauh tapi murah.

(1)

1.きのう

2.よる

3.かいしゃ

4.日よう日

Jawaban : 4

Dianggap merupakan jawaban yang sesuai karena kalimat sebelumnya  menggambarkan hari libur pada hari Minggu namun sebaliknya di hari libur yang biasa dipergunakan untuk istirahat, penulis mendeskripsikan banyak sekali hal yang harus diselesaikan.

 

(2)

1.しかし

2.それでは

3.ちょど

4.じゃあ

Jawaban: 1

Merupakan pertanyaan yang menampikan kata sambung atau di dalam bahasa Jepang disebut dengan setsuzokushi. Pada kalimat ini merupakan penggunaan gyakusetsu setsuzokushi yang menghubungkan dua kalimat sambil mendeskripsikan hubungan yang berlawanan ketika dihubungkan.

 

(3)

1.まで

2.から

3.でも

4.ながら

Jawaban : 2

Dalam bahasa Jepang, からdigunakan untuk memperlihatkan sebuah penyebab atau alasan dari terjadinya sesuatu hal atau dilakukannya sesuatu. Dalam wacana, kita dapat menyimpulkan alasan mengapa belanja membutuhkan waktu paling banyak. Hal tersebut karena banyak sekali barang yang harus dibeli.

 

(4)

1.とおく

2.ちかく

3.とおい

4.ちかい

Jawaban : 3

Merupakan bentuk yang tepat untuk digunakan ketika menggabungkan kata sifat –i dengan けれども(keredomo). Kita tidak perlu mengganti kata sifat –i.

 

(2)きのう、本を かって、よる 3時間ぐらい 読みました。250ページの 

       本ですが、まだ 100ページぐらい あります。

Artinya : Kemarin, (Saya) telah membeli sebuah buku, malamnya (Saya) telah membaca buku tersebut selama kurang lebih tiga jam. Walaupun buku itu adalah buku dengan 250 halaman, namun masih tersisa 100 halaman.

(2)この 人は、何ページ 読みましたか。

Artinya : Orang tersebut, berapa halaman yang telah (dia) baca ?

            1.50ページぐらい。

            2.150ページぐらい。

            3.200ページぐらい。

            4.250ページぐらい。

            Jawaban : 2

Ada buku dengan 250 halaman dan selama kurang lebih tiga jam telah dibaca oleh orang tersebut semalam. Informasi pada soal memberitahukan pada kalimat berikutnya bahwa masih ada 100 halaman lagi terlepas hampir tiga jam telah dihabiskan oleh orang tersebut untuk membacanya. Sehingga, orang tersebut telah membaca 150 halaman.

(3)せんしゅう、あたらしいアパートに いりました。わたしの へやは 2かいです。となりには、今 だれも すんで いません。1かいには、おばあさんと おとこの 大学生が すんで います。3がいにも だれか いますが、 まだ どんな 人か いりません。

 

Artinya : Pekan kemarin, Saya masuk ke apartemen baru. Kamar saya ada di lantai dua. Kamar di sebelahnya, sekarang tidak ada orang. Di lantai satu ada seorang nenek dan mahasiswa yang tinggal di sana. Di lantai tiga juga ada seseorang yang tinggal walaupun hingga kini saya masih tidak tahu seperti apa orang yang tinggal di sana.

 


 

(2)この 人の アパートは どれですか。

Artinya : Di Apartemen yang manakah orang tersebut tinggal ?

1.

2.

3.

4

            Jawaban : 4

Informasi yang terkandung di dalam kalimat pertama tidak akan mengeliminasi seluruh jawaban. Informasinya adalah bahwa saya tinggal di lantai dua. Informasi yang kedua baru bisa mengelimiasi pilihan pertama dan kedua. Kalimat
setelahnya baru memberikan jawaban yang tepat. Terdapat seorang nenek dan seorang mahasiswa yang tinggal di lantai satu. Jawaban yang tepat adalah pilihan keempat. Informasi terakhir memperkuat jawaban yang memberikan deskripsi bahwa penghuni lantai tiga adalah seseorang yang belum dikenal.

 

Leave a Reply