JLPT – Nihongo Nouryokushiken – 1991 – Yonkyuu – Moji Goi Bagian 3 – Lembar Jawaban

Posted on

日本語能力試験 

問題用紙

1991 4級

文字・語

100点25分

 

問題III ____のところになにをいれますか。1234からいちばんいいものをひとつえらびなさい。

Soal III. Apa yang seharusnya dimasukkan pada bagian yang digarisbawahi berikut ini. Pilihlah satu yang paling baik dari pilihan 1 2 3 4.

1.___、えいがをみにいきませんか。

1.ゆうべ2.きのう③.あして4.おととい

Jawaban : 3. Ashita

Huruf Romawi : Ashita, eiga wo mi ni ikimasenka.

Artinya : Besok, apakah mau menonton film ?

Reason : Kita memilih jawaban ketiga sebagai jawaban yang terbaik karena merupakan penanda waktu yang s karena merupakan penanda waktu yang paling sesuai untuk aktivitas mendatang. Kalimat di atas merupakan sebuah pertanyaan mengundang untuk melakukan aktivitas di masa mendatang. Sebagaimana kita lihat, pola kalimatnya dalam bentuk masu form. Itu artinya bahwa aktivitas akan dilakukan di masa mendatang. Bentuk  –masu pun digunakan dalam bentuk ekspresi formal. 

2.わたしはいつも___をききながらべんこうします。

1.べん ②.ラジオ3.テーブル4.ストープ

Jawaban : 2. Rajio

Huruf Romawi : Watashi wa itsumo rajio wo kikinagarabenkuoushimasu.

Artinya :I always learn while listening to the radio.

Alasan : Kita memilih yang kedua sebagai jawaban yang terbaik karena merupakan hal yang masuk akal yang digunakan sebagai sebuah benda yang digunakan untuk kegiatan mendengarkan.  ‘Rajio’ yang diucapkan dalam bahasa Inggris ‘radio’ adalah jawaban yang terbaik dari seluruh jawaban yang disediakan.  Jawaban pertama pen, ketiga adalah teburu atau table dalam bahasa Inggris dan yang terakhir adalah sutoobu atau stove dalam bahasa Inggris.

3.わたしのすきなのみものは____です。

1.おかし②.こうちゃ3.みかん4.ねこ

Jawaban : 2. Koucha

Huruf Romawi : Watashi no sukina nomimono wa koucha desu.

Artinya : Minuman favorit saya adalah teh.

Alasan : Kita memilih jawaban kedua sebagai jawaban yang terbaik karena adalah barang yang masuk akal untuk dipilih. Karena yang pertama artinya kue, pilihan ketiga yaitu mikan artinya jeruk bukanlah minuman.  Dan jawaban yang paling mustahil yang tidak dapat dipilih adalah pilihan keempat yaitu neko yang memiliki arti kucing.

4.わたしはじてんしゃを____もっています。

①.にだい2.にさつ3.にほん4.にまい

Jawaban : 1. Nidai

Huruf Romawi : Watashi wa jitensha wo nidai motte imasu.

Artinya :I have two bicycles.

Alasan : Kita memilih yang pertama sebagai jawaban terbaik karena bentuk yang paling sesuai dari  countable nouns untuk sepeda. Jawabannya adalah ‘nidai’, di mana ‘ni’ artinya dua dan ‘dai’ adalah countable nouns untuk mobil, sepeda, mesin, alat-alat mekanis dan peralatan elektronik rumah tangga. Jawaban kedua yaitu ‘nisatsu’. Jawaban ini untuk ‘satsu’ merupakan countable nouns untuk buku. Yang ketiga yaitu nihon’ untukhon’ digunakan sebagai countable nouns untuk obyek tabung atau silinder yang panjang seperti pensil, botol. Jawaban terakhir ‘nimai’ yaitumai’ digunakan sebagai sebuah countable nouns untuk obyek datar tipis seperti kertas, foto, piring.

5.この____じしょはだれのですか

①.ほそい2.まるい3.みじかい4.しいさい

Jawaban : 1. Hosoi

Huruf Romawi : Kono hosoi jisho wa dare no desuka.

Artinya :Whose thin dictionary is this ?.

Alasan : Jawaban terbaik adalah jawaban pertama, ‘hosoi’ artinya tipis. Jawban kedua, marui’ yang berarti bulat, dan jawaban ketiga mijikai yang berarti pendek, serta yang terakhir ‘chiisai’  artinya adsalah kecil.  Walaupun seluruh jawaban tersebut adalah kata sifat yang dapat mendeskripsikan kata benda, jawaban yang memungkinkan yang sesuai dengan pertanyaan adalah jawaban pertama. 

6.ちちはことし80さいですが、____です。

①.げんき2.けっこう3.さして4.つけて

Jawaban : 1. Genki

Huruf Romawi : Chichi wa kotoshi hachijyussai desuga, genki desu.

Artinya :Eventhough dad this year is 80, (he is) healthy.

Alasan : Jawaban terbaik adalah yang pertama, genki yang artinya sehat atau dalam kondisi bagus.  Jawaban kedua yaitu kekkou artinya cukup baik, yang ketiga yaitu sashite diturunkan dari bentuk kamus ‘sasu’ yang memiliki arti untuk menunjuk, meletakkan atau membuka payaung. Yang terakhir adsalah tsukete diperoleh dari bentuk kamus tsukeru yang artinya memakai, mengenakan.  Dari seluruh ketiga jawaban terakhir tidak cocok  sebagai jawaban terbaik.

7.あめがふっています。みんなかさを____います。

1.あけて 2.あげて ③.さして 4.つけて

                                  Jawaban : 3. sashite

                                  Huruf Romawi : Ame ga futte imasu. Minna kasa wo sashite imasu.

                                  Artinya :Rain is falling. Every one is opening (their) umbrella.

Alasan : Jawaban untuk pertanyaan ini adalah yang ketiga ‘sashite’ berarti untuk menunjuk, membuka payung. Bisa juga berarti menusuk, memotong, menggigit. Karena arti dari jawaban yang lain tidak cocok, maka jawaban yang lain tidak dapat digunakan sebagai jawaban yang tepat. Yang pertama ‘akete’ yang diturunkan dari ‘akeru’ artinya membuka, yang kedua ‘agete’ diturunkan dari ‘ageru’ yang memiliki arti untuk memberikan dan yang terakhir ‘tsukete’ diturunkan dari ‘tsukeru’ yang artinya untuk mematikan.

8.がくせいたちはきょうしつでやまだせんせいににほんごを___います。

    1.ならって 2.つくって 3.おぼうて ④.べんきょうして

Answer : 1. naratte

Roman Letter : Gakuseitachi wa kyoushitsu de yamada sensei ni nihongo

wo naratte.

Meaning : Students are learning Japanese Language from Yamada sensei in the classroom.

Alasan : Jawaban untuk pertanyaan ini adalah yang keempat ‘naratte’ yang artinya belajar. Alasan dalam bahasa Jepang digunakan kata ini karena untuk sebuah aktivitas di mana seseorang belajar dari orang lain disebut ‘narau’. Kata ‘benkyou suru’ juga berarti belajar terlepas aktivitasnya itu diperoleh dengan belajar dengan bantuan orang lain  atau belajar sendiri. Karena konteks dari kalimat itu sendiri melibatkan sebuah proses belajar dari seorang guru kepada murid-muridnya, ‘narau’ lebih tepat digunakan dalam kalimat ini.

9.やまださんはあかいぼうしを____います。

1.きた 2.しめて 3.はいて ④.かぶって

                                Jawaban : 3. kabutte

                                Huruf Romawi : Yamada-san wa akai boushi wo kabutte imasu.

                                Artinya :Yamada is wearing a red hat.

Alasan : Jawaban untuk pertanyaan ini adalah yang keempat ‘kabutte’ yang diturunkan dari bentuk kamus ‘kaburu’ yang artinya untuk memakai (sebuah topi). Jawaban pertama, ‘kita’ jawaban kedua ‘shimete’ yang diturunkan dari bentuk kamus ‘shimeru’ yang artinya utuk menutup (sebuah pintu, toko) dan jawaban ketiga ‘haite’ artinya untuk masuk (sebuah kamar, ruangan) tidak cocok sebagai sebuah jawaban bagi pertanyaain ini.

        10. やまださんたいていおふろにはいって、____ねます。

               1. ちょうど ②.すぐに 3.まだ 4.だんだん

Jawaban : 2. Sugu ni

Huruf Romawi : Yamada-san taitei ofuro ni haitte,

sugu ni nemasu.

Artinya :Yamada always enter the ofuro and then fall asleep.

Alasan : The answer for this question is the second one ‘sugu ni’ which means immediately, soon, easily right (near). The other word, choudo which means just, right, exactly. Mada means yet, still, more, besides. The other option which is dandan means gradually, by degrees. In this sentence choudo cannot be used because it means in an instance after Yamada-san entering ofuro he fall asleep and that is not quite make sense still. Because in those two related activities, there must be a slight delay time from the time Yamada-san entering ofuro until he fall asleep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.